CURUG LUHUR (CIPINAHA) TASIKMALAYA

CURUG LUHUR (CIPINAHA) 
TASIKMALAYA



Curug Cipinaha berada di Dusun (Kampung) Sukasirna, Desa Malatisari, Kecamatan Gunung Tanjung. Akses  menuju kesana, dari kota Tasikmalaya ke Manonjaya kemudian ambil jalan ke arah Gunung Tanjung. Sampai di pasar Gunung Tanjung  kemudian belok kiri ke arah jalan Desa Cikembang kemudian Desa Poponcol dan terakhir jalan Desa Malatisuka. Kurang lebih jaraknya 7 km dengan kondisi jalan pertama berupa aspal lalu jalan semen yang keduanya dalam kondisi bagus. 

Di lokasi curug terdapat kolam 2 tingkat. Tingkat pertama yang paling luas dan dialiri jatuhan air curug dari kolam pertama. Di kola ini kita dapat berendam atau berenang karena cukup luas. Ada bagian yang cukup dalam yaitu sekitar 1,5 m sehingga harus hati – hati. Tentunya karena di daerah pegunungan menyebabkan suhu air menjadi dingin sekali. Satu lagi kolam berada di atas kolam pertama yang merupakan cekungan tempat menampung jatuhnya air curug besar. Kolamnya agak sempit jadi hanya bisa berendam saja dan hindari tempat jatuhnya air curug karena akan mengena badan kita cukup keras. Tidak ada akses ke sana kecuali harus merayap di dinding berbatu dengan tinggi sekitar 1 m yang lumayan licin. Berbahaya bagi yang tidak biasa memanjat tebing. Dan nanti untuk turun tiada lain kecuali terjun ke kolam. 

 Di sekitar curug sudah dibuatkan jalan setapak oleh penduduk menuju tempat curug. Terdapat juga 2 warung di sekitarnya. Sayang, pengunjung melupakan kebersihan sehingga banyak sampah berserakan baik di jalan maupun di aliran curug. Kebiasaan makan dan minum di dalam kolam curug harusnya dihindari. Sekali lagi penulis selalu mengingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan sebaiknya gunakan seminimal mungkin sampah plastik.

Comments

Popular posts from this blog

PANTAI SINDANGKERTA TASIKMALAYA DAERAH CIPATUJAH

TAMAN WISATA KARANG RESIK DITASIKMALAYA

CURUG CIMANINTIN TASIKMALAYA JAWABARAT