CURUG BATUMAHPAR TASIKMALAYA

CURUG BATUMAHPAR TASIKMALAYA



Lokasi curug - curug ini berada di Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi. Akses menuju tempat inidapat kita jangkau dari jalan raya Singaparna, sebelum bundaran Singaparna apabila dari arah Tasikmalaya kemudian masuk ke jalan menuju Sariwangi.
Batu Mahpar Sariwangi kini menjelma menjadi tempat pariwisata yang menjanjikan. Pemandangan unik batuan beku hasil lelehan lava membentuk hamparan unik batuan. Pada musim hujan, relung antara batuan berisi aliran air jernih yang mirip kolam - kolam mini.

Kelebihan lain dari tempat wisata ini adalah terdapat pemandangan di sekitar tebing yang indah alami yaitu air terjun, gua dan sungai. Letak tebing tersebut berada di bagian bawah batu mahpar yang dihubungkan dengan tangga beton dan tangga kayu. Cukup aman. Pada bagian awal tangga kita harus agak menunduk melewati batuan tebing yang menjorok. Dari batuan mengalir air sejuk seperti tirai. 
Berdasarkan informasi terdapat 4 air terjun atau curug di sekitar tebing yaitu Curug Niagara Sunda, Curug Manawah, Curug Mahkota dan Curug Kahuripan. Pada bagian pertama kita akan mendapatkan suasana kedamaian dengan hadirnya Curug Niagara Sunda. Curug tersebut jatuh tegak lurus dan jatuh di kolam buatan. Tidak tinggi hanya sekitar 15 m. Sedangkan kolam di bawahnya lebih banyak digunakan untuk sekedar membasuh tubuh karena dipercaya mempunyai khasiat tertentu. Mungkin kita risih kalo menyebur ke dalam kolam yang tidak terlalu dalam. Dekat curug tersebut terdapat gua buatan yang juga dianggap memiliki kharisma supra natural bagi yang mempercayai.
Selanjutnya kita turun ke bawah hingga dasar jurang. Curug terindah adalah Curug Manawah dengan pancuran airnya yang cukup deras dan dengan ketinggian sekitar 40 m.Curug ini merupakan limpahan langsung dari aliran air Batu Mahpar.

Comments

Popular posts from this blog

PANTAI SINDANGKERTA TASIKMALAYA DAERAH CIPATUJAH

TAMAN WISATA KARANG RESIK DITASIKMALAYA

CURUG CIMANINTIN TASIKMALAYA JAWABARAT