PESONA GOA ARCA KARANGNUNGGAL TASIKMALAYA

Goa arca adalah sebuah objek wisata yang berada di daerah kp.cikupa, kec.karangnunggal kab.Tasikmalaya bagian selatan. Goa ini salah satu goa horizontaldengan karakteristik goa fosil kering dan besar dengan panjang  kurang lebih 500 M.

Pesona wisata di goa arca yakni menyimpan keindahan yang tiada bandingnya. Stalakmit da stalaktitnya benar benar menggambarkan bahwa goa tersebut telah ada sejak ratusan tahun lamanya dan memberikan panorama alam yang cukup menawan.

Goa arca yang panjangnya sekitar 500 M itu didalamnya memiliki banyak lorong lorong, dimana setiap lorong nya cukup menarik dan menantang untuk dilewati. Bahkan didalam goa tersebut ada sebuah patung /simbol,  mungkin  dari patung inilah goa ini dinamakan arca.

Namun amat disayangkan, patung yang menyerupai arca tersebut kepalanya tepah hilang oleh tangan tangan jahil yang tidak bertanggung jawab. Hal ini mungkin disebabkan oleh lemahnya atau kurangnya kepedulian pemerintah dalam melindungi aset aset wisata menyimpan potensi yang cukup besar apabila dikembangkan.

Jika kalian ingin berkunjung ke goa arca, pertama anda harus jaga etika, jaga tata tertib, jaga kelestarian alam, supaya goa ini tetap indah.

Comments

Popular posts from this blog

PANTAI SINDANGKERTA TASIKMALAYA DAERAH CIPATUJAH

TAMAN WISATA KARANG RESIK DITASIKMALAYA

CURUG CIMANINTIN TASIKMALAYA JAWABARAT